9.25.2006,21:39
Yes. I'm Ready for 3G
XL bilang, "Are you Ready for 3G?"

Aku bilang, "Yes, I'm Ready for 3G."

Salah satu operator kita yaitu XL, pada hari..... apa ya? Pokoknya masih minggu-minggu ini deh. Telah meluncurkan layanannya yang terbaru, dan juga sudah SANGAT DITUNGGU-TUNGGU. Apa itu? Jelas, layanan itu adalah XL3G. XL3G, memiliki beberapa kelebihan dibanding para pesaingnya, terutama pesaing terberatnya dong, "Si Merah" a.k.a Dunia 3G Telkomsel. XL ini ternyata, walau termasuk operator yang nggak terlalu besar, tapi diam-diam mulai menyalip para pesaingnya dalam hal kesiapan infrastruktur dan juga konten dari layanan 3G itu sendiri. In-depth reviewnya, akan diulas oleh Si Iyo dibawah ini.....

1. Prolog

Mmmm.... kejadian berjelajah 3G ini dimulai pada hari Jum'at pada tanggal 22 September 2006. Asalnya, begitu aku ngeliat baliho raksasa bertuliskan "XL 3G. Are You Ready?" di Prapatan jalan Riau, aku cuma bisa ngiler aja.Kupikir, masih lama juga 3G masih ada di Bandung. Kata orang film sih, Teaser Posters gitu deh. Lalu kita makan di Bumbu Desa, dan Shalat Jum'at. Sampai sini, semuanya berjalan normal. Lalu, aku kan harus tes susulan renang di Centrum a.k.a Pemandian Tirtamerta *lupa euy namanya, beneran*, di Kec. Sumur Bandung dekat SMAN 5 nih. Si W|z|z|n|U yang nggak ada kerjaan minjem HP-aku tanpa perasaan curiga maupun H2C sedikitpun. Lalu.....

"Yo, ini logo apaan sih?" tanya Wzznu polos tanpa perasaan apapun.

Deg. Perasaan Dejavu. Sebuah topik di Esato terbersit di otakku. Logo kotak putih. Beberapa bentuk garis biru yang melengkung, membentuk seperti gelombang. Deg.

"Mas. INI LOGO TRIJI!" pekik Si Iyo penuh kemenangan.

Klik. Masuk ke menu Internet. Lalu.... Failed. Network Failed. Coba ke Settings. Data Connectivity. Gak ada tulisan XL3G. Lalu aku nelopon ke Call Center XL.

"Halo mbak, saya mau tanya dong, kalau 3G gimana ya cara nyambunginnya?" tanyaku.

"Hp ibu apa?" tanya si mbak dengan sinis. Sialan, masa gue dipanggil ibu sih! Is my voice cute like a girl? *mata memelas*

"Sony Ericsson K800i." ujar Si Iyo dengan suara yang, saaaanggaaaaat rendah dan palesu. Yah, usaha sebelum tumbuh jakun deh. *hikz*

"Oh, jadi gini ya bu." Masa masih ibu sih! Dasar! "Kalau di Sony Ericsson itu sebenernya udah otomatis, ikutin aja jaringannya. Ada lagi yang bisa saya bantu bu?"

"Oh, nggak mbak. Makasih. Siang." jawab Si Iyo dengan unfriendly.

Lalu aku coba lagi. Tapi aku merasa bahwa ini nggak beres. Bisa sih bisa masuk ke Internet. Tapi aku kok merasa ada yang ganjil ya? Ingat lho, merasa. Untuk meyakinkan, aku telpon lagi Call Center XL. Kali ini yang angkat mas-mas. Transkripnya sih gak usah dijabarin di sini. Gak rame. Akhirnya dia manggil aku dengan sebutan.... BU LAGI! (ow mai gaaawd!) Tapi, dia mau juga ngajarin aku step by stepnya. Ternyata, SEMUA PROSEDUR SUDAH BENAR DARI AWAL! Cuma aku aja kalee yang aneh-aneh segala.

Brrrm. Ibu Juhaeti (guru olahraga aku) sudah datang beserta motornya.

"Ya udah mas, have fun go mad with 3G." ujarku dengan kecewa sambil nyerahin HPku.

Tapi, saat aku masih ngobrol n hanging around di sekitar parkirnya Centrum, dan mas wzzn belum pergi juga. Dia buru-buru manggil aku ke mobil.

"Yo. Liat ini BBC! Gratis sampai tanggal 22 Oktober!" serunya sambil memperlihatkan seorang pembaca berita cas-cis-cus di layar K800i.

Kuambil HPku. Kubawa ke Hermawan, KM 7E, yang kebetulan susulan renang juga. HP si Hermawan juga K608i yang 3G-compataible. Dan tak disangka, DIA PUNYA KARTU XL!

"Her, liat, ini BBC lagi streaming."

"Wuah, saya ganti kartu dulu kalau gitu. Pengen nyobain juga ah."

Setelah ganti kartu dari simPATInya yang masih belum bisa 3G itu, kita langsung nyobain videocall. Dan gambarnya muncul. Dengan jernih. Bagus. Girang banget rasanya.

Seneng banget aku hari itu. Setelah beres renang, aku sama mas nyobain mobile TV, music life (videoclip SamsonS bow!), movie life (Trailer Pirates : DMC), sampai video Extreme Sports, bahkan Siraman Rohani aja ada! Katanya sih, Papi (TSel) sama Wzzn (HPku, XL) udah nyobain Video Call lintas operator pas aku lagi renang. Jadi kesimpulannya, We're Ready for 3G!

2. Review Kualitas


Sebenernya, aku sih nggak bisa ngebandingin mana yang lebih baik. Cuma, secara global, kayaknya XL have won this game. Kalau dilihat dari segi infrastruktur, XL udah masang di banyak kota. BANYAK. Sedangkan Telkomsel baru masang di Jakarta sebagian dan Bandung sebagian. CMIIW. Kalau Indosat? Ha. Baru lulus Uji Laik Operasi (ULO) untuk Jakarta dan Surabaya. Blah.

Jaringan XL sinyalnya sudah sangat kuat, walaupun di daerah rumah aku yang notabene Bandung Coret dan Diskotik (Disisi Kota Saeutik), Cileunyi. Di sini, aku udah bisa streaming BBC dan Fashion TV dengan jelas, masih jaggy dikit sih, tapi nggak parah banget. Suaranya lancar dan bening, gambar termasuk cukup jelas. Bahkan running textnya BBC bisa kebaca. Is that cool? Oh iya, disamping juga bakal aku sertakan skrimsup K800i lagi straming BBC. Tapi maaf kalau blur, maklum, saat itu lagi review pertandingan Liga Inggris kemarin malemnya.

Lalu, XL juga punya beberapa kelebihan. Yang paling utama sih, coverage sinyalnya itu lho! Termasuk cukup merata! Terus belum lagi layanan seperti HSDPA yang up to 2Mpbs/sec. Lalu jangkauan hingga ke Malaysia, Singapore, Hongkong, dan Australia. Belum lagi, kerjasama dengan Vodafone International juga Telekom Malaysia. (ya iya lah, secara sebagian sahamnya dipegang TM)

Bukannya aku mau ngebagus-bagusin XL, tapi terbukti aku sangat puas dengan layanan XL3G. Yah, semoga saja, setelah saya ganti ke USIM 128kb khusus 3G, kecepatannya bakan semakin wuzz wuzz kayak kapal terbang. Hehehehehe.
 
ditulis oleh Si Iyo > <


4 Komentar:


  • At 28.9.06, Blogger BieLa

    TSEL udah ada Triji kalee..
    prasaan udah dilaunching *klo ga salah*
    eh yo, N3230 kompatibel kga c?
    kykny g y..

     
  • At 29.9.06, Blogger Si Iyo

    tsel udah three-g dan 3230 gak bisa

     
  • At 30.9.06, Blogger Bung Iwan

    yo.. kemaren aku ke XL center, mau upgrade kartu yg bisa 3G. walopun hp-ku masih yg monophonic tuh. tapi sok2an aja. hehehe...
    eh.. tapi ternyata di XL centernya tutup tuh.. jam 17.30. katanya mo buka dulu. oh no...

     
  • At 12.1.07, Blogger NaTHaNaeL

    Sbenernya streaming XL udah nambah lagi ada AlJazeera International!!! AlJazeera International kan salah satu acara berita yang bisa dibilang BAGUS!!!. Top abis deh... SALUT BUAT XL... Contohnya dengan kemudahan akses 3G tanpa mesti daftar, kcuali buat nokia, mesti ada yang disetting.

    Ada setting yang bisa saya berikan untuk nokia Symbian Series 60, mis N Series, 6680, etc. Pertama, buka menu, tools, setting, connection, network mode > Dual Mode ato UMTS.

    N.B: tools biasanya buat N Series